Laman

Senin, 17 Agustus 2015

sejarah dan isi teks proklamasi

Teks Proklamasi

Penyusunan teks Proklamasi dilakukan oleh Soekarno, M. Hatta, Achmad Soebardjo dan disaksikan oleh Soekami, B.M. Diah, Sudiro (Mbah) dan kemudian diketik oleh Sayuti Melik. Penyusunan Teks Proklamasi tersebut berlangsung pada 16 Agustus 1945 pukul 02.00 -04.00 dini hari di rumah laksamana Tadashi Maeda ]In Imam Bonjol No 1.

Isi teks Proklamasi dibacakan oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks pada pukul 10:00.

Isi Teks Proklamasi

Isi teks proklamasi pada Naskah Klad:
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, 17-8-05
Wakil-wakil bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta

Isi teks proklamasi kemudian mengalami beberapa perubahan yaitu:
• Kata tempoh diubah menjadi tempo
• Kata Wakil-wakil bangsa Indonesia diubah menjadi Atas nama bangsa Indonesia
• Kata Djakarta, 17-8-05 diubah menjadi Djakarta., hari 17 boelan 08 tahun '05
• Naskah proklamasi klad yang tidak ditandatangani kemudian menjadi otentik dan ditandatangani oleh Ir. Soekarno dan Drs. Moh.Hatta Kata Hal2 diubah menjadi Hal-hal

Berikut hasil perubahan isi teks proklamasi tersebut:

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.1.1., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05 Atas nama bangsa Indonesia. Soekamo/Hatta

Tahun pada Teks Proklamasi tersebut ditulis 05 karena menaounakan tahun jepang kala itu tahun 2605.
Teks Proklamasi
Naskah Teks Proklamasi

Berikut ini naskah Otentik isi teks Proklamasi hasil ketikan dari Sayuti Melik (atau Sajoeti Melik), salah seorang tokoh pemuda yang ikut andil dalam persiapan proklamasi.

Proklamasi Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hale fang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, 17-8-'05 Wakil2 bangsa Indonesia.

Isi Teks Proklamasi Sesuai Ejaan Sekarang

PROKLAMASI KAMI BANGSA INDONESIA DENGAN INI MENYATAKAN KEMERDEKAAN INDONESIA. HAL-HAL YANG MENGENAI PEMINDAHAN KEKUASAAN DAN LAIN-LAIN DISELENGGARAKAN DENGAN CARA SAKSAMA DAN DALAM TEMPO YANG SESINGKAT-SINGKATNYA. DJAKARTA, 17 Agustus 1945 ATAS NAMA BANGSA INDONESIA SUKARNO-HATTA

teks proklamasi, teks proklamasi kemerdekaan indonesia,  ISI TEKS PROKLAMASI Naskah proklamasi, teks teks proklamasi kemerdekaan,  teks proklamasi indonesia,  texs proklamasi isi naskah proklamasi naskah,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar